karbu tiger bensin netes NAHHH artikel Ini saya dapatkan dari forum http://www.honda-tiger.or.id/forum/showthread.php?p=914800 disitu terdapat sedikit pencerahan bagi saya dan mungkin untuk anda juga karena mempunyai masalah yang mungkin sama Untuk atasi bensin netes pada karburator TIGER BErikut artikel selengkapnya untuk anda yang saya kutip langsung dari sumbernya semoga memberikan manfaat dan pencerahan untuk sedikit menambah ilmu kita dalam seputar modifikasi sepeda motor dalam Cara Mudah Mengatasi Karburator Banjir
[TIPS] –atasi bensin netes karbu TIGER
Sebenarnya tips ini sudah saya lakukan sejak tahun 2004,namun tidak ada salahnya kalau saya share kembali ke teman teman di forum ini.
Seperti kita ketahui penyakit karbu tiger yang sudah lama sering mengalami kerusakan di float valve nya(jarum pelampung).Hal ini mengakibatkan bensin sering netes dari saluran pembuangan pada saat parkir,terutama pada saat posisi standart samping.Tentunya hal ini merepotkan pemakai motor karena mesti buka tutup kran bensin setiap parkir.Solusinya tentu mesti ganti float valvenya.Namun kadang kala begitu diganti float valve nya tetep aja masih netes meski tidak terlalu parah.
Berbekal ide dari karisma yang memakai keran bensin vacum (auto cock valve)saya berpikir tidak ada salahnya kalau itu juga diterapkan di karburator tiger.Prinsip kerjanya sih sederhana,bensin akan turun ke karburator apabila ada hisapan dari intake manifold ke kran vacumnya.Dengan demikian tentunya bensin tidak akan turun melewati float valve apabila motor tidak hidup.
Saya coba di motor saya ternyata awet juga.Cuma memang mesti membuat lubang kecil di manifoldnya.cukup dengan di bor,kasih pipa kecil trus di lem.kalau tidak mau repot tinggal beli aja manifold punya tiger revo,sudah ada lubang di manifoldnya buas SASS.tinggal tambah selang kecil yang masuk ke auto coock valve nya.Untuk auto cock valvenya sih pasangnya tinggal potong selang bensin menjadi dua bagian,masukkan selang yang satu ke kran bensin,yang satu lagi ke karburator,untuk auto cock valve nya dipasang antara dua selang tersebut.
Seperti kita ketahui penyakit karbu tiger yang sudah lama sering mengalami kerusakan di float valve nya(jarum pelampung).Hal ini mengakibatkan bensin sering netes dari saluran pembuangan pada saat parkir,terutama pada saat posisi standart samping.Tentunya hal ini merepotkan pemakai motor karena mesti buka tutup kran bensin setiap parkir.Solusinya tentu mesti ganti float valvenya.Namun kadang kala begitu diganti float valve nya tetep aja masih netes meski tidak terlalu parah.
Berbekal ide dari karisma yang memakai keran bensin vacum (auto cock valve)saya berpikir tidak ada salahnya kalau itu juga diterapkan di karburator tiger.Prinsip kerjanya sih sederhana,bensin akan turun ke karburator apabila ada hisapan dari intake manifold ke kran vacumnya.Dengan demikian tentunya bensin tidak akan turun melewati float valve apabila motor tidak hidup.
Saya coba di motor saya ternyata awet juga.Cuma memang mesti membuat lubang kecil di manifoldnya.cukup dengan di bor,kasih pipa kecil trus di lem.kalau tidak mau repot tinggal beli aja manifold punya tiger revo,sudah ada lubang di manifoldnya buas SASS.tinggal tambah selang kecil yang masuk ke auto coock valve nya.Untuk auto cock valvenya sih pasangnya tinggal potong selang bensin menjadi dua bagian,masukkan selang yang satu ke kran bensin,yang satu lagi ke karburator,untuk auto cock valve nya dipasang antara dua selang tersebut.
Ni part number untuk auto cock valve: 16970-KPH-901.
SELAMAT MENCOBA
BACA juga CARA MEMBONGKAR KARBULATOR MOTOR
No comments:
Post a Comment