Welcome back brother. Apa kabar hari ini? Semoga baik, sehat & bahagia. Dalam posting kali ini, saya (dismas not dimas) cuma iseng aja banding – bandingin spek antara Honda Spacy CW versus Vario CW, Scoopy dan Beat CW. Memang benar, keempat skuter matic brojolan AHM tersebut sama – sama mengusung mesin dengan kapasitas silinder sebesar 108 cc.
Tapi, tentu ada perbedaan lain yang dapat mengakibatkan perbedaan performa dari masing – masing skutik tersebut (selain beda harga dan bentuk bodi tentunya). Perbedaan – perbedaan yang mengakibatkan perbedaan performa mesin, kelincahan, dll, di antaranya adalah berat kosong kendaraan, jarak sumbu roda, dimensi, jarak terendah ke tanah, rasio kompresi, daya maksimum dan torsi maksimum. Monggo mawon mas, mbak, dipunwaos wonten ing paragraf kalih…
1. Dimensi kendaraan
Spacy CW (1.841 x 660 x 1.094 mm)
Vario CW (1.897 x 680 x 1.083 mm)
Scoopy (1.844 x 699 x 1070 mm)
Beat CW (1.859 x 676 x 1053 mm)
Spacy CW (1.841 x 660 x 1.094 mm)
Vario CW (1.897 x 680 x 1.083 mm)
Scoopy (1.844 x 699 x 1070 mm)
Beat CW (1.859 x 676 x 1053 mm)
2. Berat kosong
Spacy CW 97 kg
Vario CW 99,3 kg
Scoopy 94 kg
Beat CW 89,3 kg
Spacy CW 97 kg
Vario CW 99,3 kg
Scoopy 94 kg
Beat CW 89,3 kg
3. Jarak sumbu roda
Spacy CW 1.256 mm
Vario CW 1.273 mm
Scoopy 1240 mm
Beat CW 1240 mm
Spacy CW 1.256 mm
Vario CW 1.273 mm
Scoopy 1240 mm
Beat CW 1240 mm
4. Jarak terendah ke tanah
Spacy CW 128 mm
Vario CW 132.5 mm
Scoopy 150 mm
Beat CW 156 mm
Spacy CW 128 mm
Vario CW 132.5 mm
Scoopy 150 mm
Beat CW 156 mm
5. Daya maksimum
Spacy CW 8.54 PS/8.000 rpm
Vario CW 8,99 PS/8.000 rpm
Scoopy 8,28 PS/8.000 rpm
Beat CW 8,22 PS/8.000 rpm
Spacy CW 8.54 PS/8.000 rpm
Vario CW 8,99 PS/8.000 rpm
Scoopy 8,28 PS/8.000 rpm
Beat CW 8,22 PS/8.000 rpm
6. Torsi maksimum
Spacy CW 0.82 kgf.m/6.000 rpm
Vario CW 0,86 kgf.m/6.500 rpm
Scoopy 0,85 kgf.m/5.500 rpm
Beat CW 0,85 kgf.m/5.500 rpm
Spacy CW 0.82 kgf.m/6.000 rpm
Vario CW 0,86 kgf.m/6.500 rpm
Scoopy 0,85 kgf.m/5.500 rpm
Beat CW 0,85 kgf.m/5.500 rpm
Nah, 6 poin itu bro yang membedakan antara Honda Spacy, Vario, Scoopy dan Beat. Masih ada poin – poin lain seperti ukuran ban dan jumlah piston rem. Dari keempat matic tersebut, Vario satu – satunya matic yang kompresi rasionya paling tinggi, yaitu 10,7 : 1. Sedangkan lainnya 9,2 : 1.
sumber:http://dizmaz.wordpress.com/2011/05/10/komparasi-teknis-honda-spacy-vs-vario-vs-scoopy-vs-beat/