wah Modifikasi GL ini sangat rame gan penuh warna, kelihatan jadul...
Entah apa konsepnya yang jelah warnanya yang cerah warna warni jadi lebih unik
bagi sobat modif yang terinspirasi bisa ditiru kwkkwkkkkkkwkwkwkkwkkk
gaya aneh modifikasi ala warna warni
Wednesday, November 16, 2011
Perawatan Busi
Tip merawat busi motor agar sistem pembakaran jadi benar
Periksalah busi 1.000 km pertamadan setiap 3.000 km selanjutnya. Ganti busi setiap 6.000 km
Mengabaikan perawatan busi akan mengakibatkan mesin sukar dihidupkan dan berkurang tenaganya.
Bila busi digunakan dalam waktu yang cukup lama, elektroda sedikit demi sedikit akan aus terbakar dan akan terjadi endapan arang di sekitar bagian dalam busi.
Sesuai jadwal perawatan berkala, busi harus dikeluarkan untuk diperiksa, dibersihkan dan disetel jarak celah busi.
Penimbunan arang di dalam kepala busi menghalangi percikan bunga api dan mengakibatkan gangguan pembakaran.
Bersihkan arang busi secara berkala.
Bila elektroda bagian tengah aus sama sekali, maka busi harus diganti dan celahnya disetel dengan menggunakan alat ukur ketebalan (tickness gauge).
Tips :
1. Periksa kondisi pembakaran pada busi. Bila tidak normal ganti sesuai spesifikasi.
2. Kencangkan busi dalam kepala cylinder sesuai dengan kekencangan yang telah ditentukan.
Perawatan Busi
Penyebab Aki Cepat Tekor
Mengabaikan perawatan busi akan mengakibatkan mesin sukar dihidupkan dan berkurang tenaganya.
Bila busi digunakan dalam waktu yang cukup lama, elektroda sedikit demi sedikit akan aus terbakar dan akan terjadi endapan arang di sekitar bagian dalam busi.
Sesuai jadwal perawatan berkala, busi harus dikeluarkan untuk diperiksa, dibersihkan dan disetel jarak celah busi.
Penimbunan arang di dalam kepala busi menghalangi percikan bunga api dan mengakibatkan gangguan pembakaran.
Bersihkan arang busi secara berkala.
Bila elektroda bagian tengah aus sama sekali, maka busi harus diganti dan celahnya disetel dengan menggunakan alat ukur ketebalan (tickness gauge).
Tips :
1. Periksa kondisi pembakaran pada busi. Bila tidak normal ganti sesuai spesifikasi.
2. Kencangkan busi dalam kepala cylinder sesuai dengan kekencangan yang telah ditentukan.
HARGA DAN SPESIFIKASI MOBIL NEW CAPTIVA AT FWD 2.0L DIESEL TERBARU HARGA RP 355 JUTA
Harga Mobil New Captiva AT FWD 2.0L Diesel - Spesifikasi New Captiva AT FWD 2.0L Diesel. Chevrolet New Captiva AT FWD 2.0L Diesel resmi diluncurkan dengan mengambil tempat di Proving Ground Bridgestone Indonesia, Jalan Surya Utama Kav. 8-13, Kota Industri Surya Cipta, Teluk Jambe Karawang Timur, Jawa Barat.
Chevrolet New Captiva FWD 2.0 L Diesel berpenggerak roda depan diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan jelajah komuter warga urban serta lintas kota dengan kenyamanan ekstra yang dihasilkan dari fitur-fitur, teknologi, dan desain eksterior terbaik.
Captiva Diesel mengusung mesin 2.0 liter DOHC dengan Variabel Geometry Turbocharger with Intercooler dengan tenaga maksimum 163 PS pada 3.800 rpm dan torsi 360 Nm pada 1.750-2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menuju roda depan dengan bantuan transmisi otomatis 6 percepatan GM Tiptronic.
SUV 7-penumpang ini dibangun di atas chasis monocoque yang memberikan kenyamanan berkendara setara sedan serta pengakuan bintang 5 (dari skala 1-5) dari Euro NCAP (New Car Assessment Programme) sebuah badan independen di Eropa yang menguji tingkat keselamatan mobil yang baru beredar di pasaran.
New Captiva 2.0L AT FL-FWD telah dilengkapi fitur keamanan pengereman Anti-lock Brake System/ABS yang didistribusikan secara pintar melalui fitur Electronic Brake-force Distribution/EBD sehingga distribusi beban pengereman terbagi rata pada keempat roda kendaraan.
New Captiva Diesel dipasarkan dengan harga Rp355 juta untuk lima pilihan warna diantaranya Switchblade Silver, Royal Grey, Alpine White, Auburn Brown dan Black Sapphire. Khusus warna Pearl White ditawarkan dengan harga Rp361 juta on the road Jakarta.
Spesifikasi New Captiva AT FWD 2.0L Diesel:
Chevrolet New Captiva FWD 2.0 L Diesel berpenggerak roda depan diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan jelajah komuter warga urban serta lintas kota dengan kenyamanan ekstra yang dihasilkan dari fitur-fitur, teknologi, dan desain eksterior terbaik.
Captiva Diesel mengusung mesin 2.0 liter DOHC dengan Variabel Geometry Turbocharger with Intercooler dengan tenaga maksimum 163 PS pada 3.800 rpm dan torsi 360 Nm pada 1.750-2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menuju roda depan dengan bantuan transmisi otomatis 6 percepatan GM Tiptronic.
SUV 7-penumpang ini dibangun di atas chasis monocoque yang memberikan kenyamanan berkendara setara sedan serta pengakuan bintang 5 (dari skala 1-5) dari Euro NCAP (New Car Assessment Programme) sebuah badan independen di Eropa yang menguji tingkat keselamatan mobil yang baru beredar di pasaran.
New Captiva 2.0L AT FL-FWD telah dilengkapi fitur keamanan pengereman Anti-lock Brake System/ABS yang didistribusikan secara pintar melalui fitur Electronic Brake-force Distribution/EBD sehingga distribusi beban pengereman terbagi rata pada keempat roda kendaraan.
New Captiva Diesel dipasarkan dengan harga Rp355 juta untuk lima pilihan warna diantaranya Switchblade Silver, Royal Grey, Alpine White, Auburn Brown dan Black Sapphire. Khusus warna Pearl White ditawarkan dengan harga Rp361 juta on the road Jakarta.
Spesifikasi New Captiva AT FWD 2.0L Diesel:
- Mesin 2.0L, DOHC, Common Rail Direct Injection
- Fuel System Common Rail Direct Injection
- Bore x Stroke (mm) 86x86
- Kapasitas Silinder (cc) 1,998
- Kompresi Rasio 16.3:1
- Maks. Tenaga (PS/rpm) 163/3,800
- Maks. Torsi (Nm/rpm) 360/1,750-2,750
- Transmisi
- Kopling: Torque Converter with Lock-up Clutch
- Tipe: Automatic 6-Speed with GM Tiptronic
- Steering
- Type Rack & Pinion with Hydraulic Power Assisted Steering
- Sistem Pengereman
- Depan: Ventilated Disc
- Belakang: Disc
- Parking Brake Electronic
- Brake Circuit 4 channel ABS, EBD
- Suspensi
- Depan: McPherson Strut with Coil Spring
- Belakang: Independent 4 Link with Coil Spring, Self Levelizer
- Dimensi
- Panjang x Lebar X Tinggi (mm) 4.673 x 1.849 x 1.756
- Wheelbase 2.707 mm
- Velg: 17x7 J
- Ban: 235/60 R17
- Kapasitas tangki BBM 65 liter
Mengiritkan Bahan bakar motor | biar motor irit bensin
Mengiritkan bahan bakar motor dengan cara metode penggunaan
Mengiritkan Bahan bakar motor
Untuk kelancaran berkendara perlu diperhatikan aspek-aspek sebagai berikut. untuk mengirit bbm anda.
1. TEKANAN BAN
Sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. KONDISI RODA/BAN
Contoh dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya.sebab bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan sebagai na.
3. JARAK MAIN REM
Sebab,"bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".
4. OLI MESIN
Daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh),namun bensin hemat.ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya lancar.
5. SETELAN KATUP/KLEP
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.efeknya,BBM banyak terpakai,untuk itu, kerenggangan komponen ini harus disetel tepat.sesuai spesifikasi motor masing".
6. SETELAN KOPLING
Juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
7. BUSI
Umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 8.000 - 10.000 KM. lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar dengan sempurna.tenaga mesin pun loyo.oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin" lah dibersihkan saat servis rutin.sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8. FILTER UDARA
Contoh studi kasus; Dari data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km) komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu.padahal filter jenis viscous element yg di anut na tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.
9. KARBURATOR
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk, dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10. TEKANAN KOMPRESI
Cara/ langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah. jadi saat berakselerasi awal,rider tidak perlu buka gas terlalu dalam,bensin pun irit.tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus memapas silinder head.melain kan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti piston berdome tinggi. Awas jangan sampai mentok dengan piston & klep.
11. SISTEM PENDINGINAN
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu.makanya,akali dengan memasang oil cooler.untuk motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario,CBR 150,kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.
12. UPGRADE ENGINE POWER
Ditujukan buat motor berjam terbang tinggi,sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus.misal ring piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.cukup mengembalikan kepresisian komponen" itu jadi normal lagi.maka selain tenaga mesin meningkat,pemakaian BBM juga lebih irit.
13. FUEL SAVER
Tidak haram, jika mau aplikasi part" pengirit bensin contohnya :
- Power FX
- Femax
- Ring bensin
- dll.
sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
14. PANGAPIAN
Sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
15. CDI RACING
mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing.dr hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
16. BEBAN MOTOR
Motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.
17. CARA MENGENDARAI MOTOR
Cara-cara mengiritikan BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda termasuk orang yang suka kebut2an, sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
Sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. KONDISI RODA/BAN
Contoh dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya.sebab bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan sebagai na.
3. JARAK MAIN REM
Sebab,"bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".
4. OLI MESIN
Daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh),namun bensin hemat.ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya lancar.
5. SETELAN KATUP/KLEP
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.efeknya,BBM banyak terpakai,untuk itu, kerenggangan komponen ini harus disetel tepat.sesuai spesifikasi motor masing".
6. SETELAN KOPLING
Juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
7. BUSI
Umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 8.000 - 10.000 KM. lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar dengan sempurna.tenaga mesin pun loyo.oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin" lah dibersihkan saat servis rutin.sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8. FILTER UDARA
Contoh studi kasus; Dari data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km) komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu.padahal filter jenis viscous element yg di anut na tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.
9. KARBURATOR
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk, dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10. TEKANAN KOMPRESI
Cara/ langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah. jadi saat berakselerasi awal,rider tidak perlu buka gas terlalu dalam,bensin pun irit.tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus memapas silinder head.melain kan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti piston berdome tinggi. Awas jangan sampai mentok dengan piston & klep.
11. SISTEM PENDINGINAN
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu.makanya,akali dengan memasang oil cooler.untuk motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario,CBR 150,kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.
12. UPGRADE ENGINE POWER
Ditujukan buat motor berjam terbang tinggi,sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus.misal ring piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.cukup mengembalikan kepresisian komponen" itu jadi normal lagi.maka selain tenaga mesin meningkat,pemakaian BBM juga lebih irit.
13. FUEL SAVER
Tidak haram, jika mau aplikasi part" pengirit bensin contohnya :
- Power FX
- Femax
- Ring bensin
- dll.
sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
14. PANGAPIAN
Sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
15. CDI RACING
mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing.dr hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
16. BEBAN MOTOR
Motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.
17. CARA MENGENDARAI MOTOR
Cara-cara mengiritikan BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda termasuk orang yang suka kebut2an, sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
KOREK Motor Satria f150 | modifikasi motor satria f150
KALI ini masih tetap motor andalan suzuki satria fu 150 diambil dari sini artikel ini membicarakan seluk beluk mesin satria fu, gua aja gak ngerti yah itung-itung belajar siapa tahu bisa buka bengkel sendiri. tapi ini bukan mengenai modifikasi motor satria f150 tapi ngorek mesing satria fu 150 silahkan disimak aja gan itung2 buat belajar ilmu bengkel.
jangan lupa lihat juga gambar motor drag untuk satria GAMBAR SATRIA FU full airbrush BATIK gambar variasi striping satria fu
jangan lupa lihat juga gambar motor drag untuk satria GAMBAR SATRIA FU full airbrush BATIK gambar variasi striping satria fu
Alhamdulillah,
Bersyukur masih bisa diberi kesempatan untuk terus berbagi cerita dengan kawan-kawan semua, disela kesibukan bengkel yang semakin padat berisi ( hahahha… awas jangan mikir ngeres :p ), dikejar-kejar deadline, akhirnya kami dapat membagi sedikit ilmu dan kesempatan yang diberikan oleh ALLAH Swt kepada kami dalam hal modifikasi mesin, hehehe… kalau tentang fatwa rokok mah kita belum ada waktu untuk menelaah :p
Di awal tahun 2010 ini, kami awali dengan membuka sedikit rahasia korekan dahsyat suzuki Satria F 150, berbekal kemampuan yang dimiliki mas wawan dalam membidani mobil balap drag saya dulu, tentu bukan hal yang sukar memahami kinerja mesin berbasic dua noken as dalam satu kepala silinder atau terkenal dengan istilah DOHC. Apalagi selama ini, spesialisasi kami dalam menangani mesin 4 klep, seperti yamaha Jupiter MX tidak pernah berhenti dalam belajar, riset, dan inovasi. InsyaALLAH, korekan simple ini akan sangat mengena.
Fokus tetap pada modifikasi sektor otak tenaga motor 4 ketuk, yaitu pada desain kepala silinder, noken as, konfigurasi katup, jalur pemasukan dan pembuangan bahan-bakar, serta perbandingan kompresi. Katub standard yang berdimensi 22 milimeter pada inlet dan 19 milimeter pada outlet, pastinya langsung kita lengserkan, lha wong MX aja biasanya pake katub Satria F bahkan spec 2010 mengadopsi katub yang lebih besar lagi, masak satria F pake katub standardnya, lha nanti kalau ditengah jalan disalip MX dikiranya Sulapan, trus setengah percaya ga percaya hehehehhe
Sebenarnya apa kurang besar sih katub standard FU? Untuk desain motor standard itu sudah lebih dari cukup. Dengan dimensi piston berdiameter 62mm, katub inlet fu yang berdiameter 22mm itu kalau di konversi menjadi single valve aslinya sudah sebesar 31mm. HAH?! Gede banget..?! Ga percaya? mari kita hitung, luasan area tiap katub Fu senilai 380 mm persegi, didapat dari perkalian konstatanta Phi dengan kuadran jari-jari katub. Hasil itu dikalikan jumlah katub yang sebanyak 2 biji, didapat 760 mm persegi. Nah luasan ini akan kita pakai untuk mencari diameter katub jika Fu itu memaki single valve saja, maka 760 dibagi konstanta 3,1416, hasilnya kemudian di akar kuadrat untuk mencari jari-jari katub bayangan. Ketemu hasil akhirnya = 15,55mm itu jari-jari katubnya. Nah kalau diameternya berarti ya 31mm toh. Bandingkan dengan tiger yang memiliki piston 63.5mm dengan katub inlet 31.5, fu memiliki bore to valve ratio lebih besar dibanding tiger. Tapi itu kan untuk ukuran standard…
Kalau modifikasi ya langsung saja benamkan klep 24/21mm ke kepala silinder Satria F, untuk mengimbangi silinder yang dijejali piston SCORPIO. Ukuran itu sudah cukup pas seperti bawaan Scorpio yang berdiameter klep inlet 34mm. Torsi lebih besar, disokong dari kapastitas torak silinder yang membeludak 8mm. Nafas mesin disokong dari dimensi katub lebih besar, alhasil bisa dibentuk ulang geometri porting yang lebih luas.
Ditambah angkatan noken as setinggi hampir 8milimeter. Untuk mendesain noken as satria F150 ini, kita pun meriset alat bubut noken as yang baru, selain buka-buka lagi buku noken as, ngerpek hehehehe… Alat yang baru dengan fitur pengunci durasi, memaksimalkan kepresisian kinerja cam, sehingga antar 1 lobe cam dengan lobe yang lain dapat ketemu titik phasing yang sama serta profil cam serupa. Dengan adanya pengunci durasi ini kita jadi lebih mudah membikin kem, tinggal tetapkan patokan yang dimau, nyalain mesin kem, tinggal merem juga jadi deh hehehehehe…
Venturi karburator agar dapat mensupplay nafas tenaga mesin minimum 28 milimeter dengan sistem bukaan skep langsung bereaksi terhadap kabel gas, tidak seperti karburator bawaan motor yang lemot… heheheheh ga sporty banget.
Kemudian bagaimana mensiasati bentuk porting satria F150 yang cenderung oval? Jangan pusing, lha wong porting Bajaj pulsar yang bentuk kotak aja kita bisa pecahkan solusinya, apalagi ini… yeekkkk guaya… langsung ditimpuk sandal dah kalok belagu
Pada jaman dahulu kala, saat berguru di padepokan silat, sang suhu racing mengajarkan ilmu konversi geometri oval ke dalam bentuk bulat. yaitu panjang + tinggi, dikali 50 %. Waktu itu saya ga percaya eh disuruh nyopot karburator motor jupiter saya, disuruh ngukurin, trus suruh bongkar n bersihin karburator sekalian, lalu ukur diameter tabung skep jupiter, eh lah kok sama dengan rumusnya… nemu nang di wong iki rumus koyo ngene, apes deh kena dikerjain suruh bersih2 karburator gara2 ga percaya wkwkwkkw Ya sementara ini pake rumus itu dulu sampai nanti saya temukan rumus yang lebih presisi pake sin cos tangen , kalok makin rumit kan kayaknya lebih keren gitu hehehehe…
Akhirnya dengan patokan itu, mas wawan langsung saya komando untuk melebarkan porting satira f sepanjang 30 milimeter dengan tinggi sebesar 26 milimeter. Didapat hasil konversi porting sebesar 28 milimeter, ya cukupan lah untuk mengatur gas speed dan velocity satria F yang rendah karena langkah nya pendek. kalau portingnya kebesaran justru bisa-bisa motor jadi boyo n ngos-ngos an… Gawat tuh.
Sama halnya dalam porting exhaust suzuki satria 120 R, kalau exhaust port ketinggian, durasi terlalu besar, rasio kompresi dinamis rendah otomatis motor loyo, kecuali squish pada silinder head dipadatkan dan minta bahan-bakar oktan tinggi baru mau, ya tapi kan ga cocok kalau buat harian…
Eh kok jadi bahasin 2 tak ya ehehhehe… tapi seru juga kok modif suzuki satria 2 tak, jadi inget masa SMA dengan desain knalpot 3V3, plus dibenamkan piston dari motor sport RGR 150cc… karburator SP 28mm, biuuuhhhhhh… ngeri! Tapi menyangkut masalah knalpot suzuki 2 tak ini, dari dulu, jika tukang knalpot ente mau berkata jujur, pasti bilang susah menemukan setelan yang pas, apalagi jika basic korekan mengandalkan knalpot standard meski silincer sudah dibenami pipa 20 milimeter. Namun dengan perhitungan yang ada, paling tidak kita bisa membuat desain yang ideal untuk karakter mesin tertentu. Tinggal ketelatenan mekanik lah yang menentukan hasil akhir setingan.
Lanjut ke satria baja hitam kita, selesai desain mesin, kita cari aksesoris pelengkap pembangkit tenaga, otak pengapian kita percayakan REXTOR untuk menyelaraskan kurva dengan laptop. Kemudian gas buang kita belanjakan dari produk CMS, lekukan dan dimensi pipanya menarik hati, meski 20 lembaran uang merah harus dikorbankan pemilik motor untuk meminang knalpot istimewa ini. PERFECTO DE ITALIANO Keren modis gaul dan bisa dibuat balap… ya Satria F150.
Tetap Sehat – Tetap Semangat – Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari
R.A.T MOTORSPORT
Raya Bypass Juanda No. 1, SIDOARJO
contact us : 085645577007
be our friend @ facebook : Swega RAT, Wawan RAT , Kicky RAT
Satria fu Modifikasi Bisa Ditiru | modifikasi motor satria f150
Gambar berikut adalah gambar modifikasi satria fu, motor laris manis sekarang, banyak yang kurang puas dengan model standart nya bisa dtiru modif satria fu pada gambar berikut, gambar berikut di ambil dari sini semoga bermanfaat buat pecinta satria fu Indonesia.
jangan lupa lihat juga gambar motor drag untuk satria GAMBAR SATRIA FU full airbrush BATIK gambar variasi striping satria fu
Tentunya hal ini akan membuat kita jadi semakin betah berlama lama diatas FU kesayangan
.
jangan lupa lihat juga gambar motor drag untuk satria GAMBAR SATRIA FU full airbrush BATIK gambar variasi striping satria fu
Tentunya hal ini akan membuat kita jadi semakin betah berlama lama diatas FU kesayangan
.
Subscribe to:
Posts (Atom)