Friday, February 10, 2012

Mengatasi Permasalahan Di Kaburator

Mengatasi Permasalahan Di Kaburator berikut adalah tis dan sedikit trik tentang sepeda motor Mengatasi Permasalahan Di Kaburator semoga membantu dan memberi manfaat pada anda dalam belajar memperbaiki motor
Beberapa pemilik sepeda motor mengaku kerap menghadapi persoalan meski sebelumnya kendaraan mereka sehat walafiat. Begitu pun dengan bahan bakar, tak pernah terlambat mengisinya.
Beberapa keluhan yang kerap terlontar adalah saat stasioner putaran mesin per menit (RPM) tidak stabil. Walhasil, saat motor dipanaskan atau dalam posisi diam dan pengendara tidak menarik tuas gas tiba-tiba suara mesin keras. Tak berapa lama kemudian kembali melemah. Begitu seterusnya.
"Bahkan, kadang-kadang saat jalan mbrebet atau tersendat-sendat. Kalau motor dijalankan tarikan lambat seolah tidak bertenaga,
"Ada beberapa penyebab, pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna, proses pencampuran udara yang terlambat, dan lain-lain. Itu kalau melihat busi dan bahan bakar tidak ada masalah," papar dia, Jumat (4/2).
Lantas apa saja permasalahan di karburator yang bisa menyebabkan permasalahan seperti yang dikeluhkan Fendry? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dari Sutjiadi :
1. Mesin tersendat saat stasioner
Permasalahan ini terjadi karena campuran bahan bakar yang ada di venture (lubang karburator) dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang. Walhasil, proses pembakaran juga tidak akan sempurna.
Bila pembakaran tidak sempurna, maka hentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakkan motor juga lemah. Akibatnya, mesin tersendat-sendat atau istilah awamnya mbrebet.
Menurut Sutjiadi, cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Pertama putar setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
Kedua, pindah posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar. Ketiga, ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar.
2. Tarikan lemah
Kondisi ini persis seperti masalah nomor satu, yaitu campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna seperti ukuran ideal yang ditetapkan oleh ahli dari pabrikan. Untuk mengatasinya, cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar.
"Itu terjadi karena asupan bahan bakar tidak sesuai dengan standar atau istilahnya kering.
3. Motor terlalu banyak menghasilkan asap hitam
Umumnya para mekanik di bengkel menyebut masalah ini dengan istilah karburator terlalu basah. Artinya, asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu berlebih dari takaran seharusnya. Sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit.
Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah. Pertama, putar sekrup setelan udara keluar atau ke arah melepas. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak udara di venturi.
Kedua, ganti pilot jet ke nomor yang lebih kecil. Ketiga, ganti jarum skep (throttle) dengan jarum yang berukuran lebih besar.
4. Mesin mengambang atau putaran mesin (RPM) lemah
Sering terjadi, saat pengendara motor telah menarik tuas gas hingga seperempat dari ukuran seharusnya putaran mesin ternyata ogah-ogahan beranjak naik. Sehingga, motor seperti sulit untuk dijalankan.
Kondisi seperti itu bisa terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venture karburator tidak sebanyak dari takaran yang dirancang oleh para ahli di pabrikan. Sebaliknya asupan udara yang lebih banyak. "Istilah bengkel, karburator terlalu kering.
Cara untuk mengatasi masalah ini ada dua langkah yang harus ditempuh. Pertama, gunakan jarum skep (throttle) yang berukuran lebih kecil. Hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar lebih banyak.
Kedua, putar skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencanginya sehingga udara yang masuk ke venture akan ditekan kuat ke arah ruang bakar. "Campuran udara dan bahan bakar yang telah seimbang dan didorong dengan kuat, akan menjadikan proses pembakaran lebih sempurna.
5. Kecepatan motor sulit bertambah dan tenaga mesin datar
Bila menemui kondisi seperti itu, berarti campuran udara dan bahan bakar di karburator terlalu banyak atau melebihi takaran yang semestinya. Biasanya para mekanik menyebutnya banjir.
Cara untuk mengatasinya, lepas karburator dan setel jarum pencampuran udara dan bahan bakar. Agar pencampuran udara dan bahan bakar sempurna gunakan main jet berukuran kecil.
Jangan lupa lepas busi dan bersihkan bagian kepalanya. Bila perlu setel jarak antara pemantik busi dengan sumbu agar proses pengapian sempurna
Itulah beberapa tips mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di karburator motor.
Semoga bermanfaat.
:shakehand2 jgn lupa d :rate5 y gan and :cendolbig jgn :batabig y gan soalnya sakit…
hihihihih
:ilovekaskus:iloveindonesia
Cara Mengatasi Permasalahan Di Kaburator
Tags: Agar, Arah, Bisa, Diam, Juga, Kadang Kadang, Kalau, Karburator, Keras, Lemah, Mesin, Pilot Jet, Piston, Posisi, Saja, Sehat, sepeda motor, Tiba, Tuas, Venturi Konsep Street Racing Full Airbrush

Konsep Street Racing Full Airbrush

Motor matik Konsep Street Racing  Full Airbrush bukan sekedar modifikasi yang diambil tapi memiliki konsep yang mumpuni dalam mewarnai sepeda motormatik kali ini semoga menghibur dan memberikan informasi yang asik minimalis tapi wah.? Yamaha Mio J dan Yamah Fino Fuel Injection Modifi Mio Soul model lama


Konsep Street Racing, Kinclong dan Full Airbrush

Cukup berikan sentuhan airbrush dan perubahan pada sektor velg serta ban, semua sudah terlihat keren dan memenuhi ekpektasi sang empunya kuda besi. Selain konsep modifikasi yang variatif, motor matik belakangan memang lebih dilirik anak-anak muda. Pun demikian dengan Abdul Muhaimin yang memilih Yamaha Xeon untuk kemudian di rias dengan konsep stret racing Thailand.

Lelaki yang akrab disapa Dika ini memang sedari awal kurang suka dengan konsep modif yang ribet dan aneh. Menurutnya, modifikasi simple tetap mengundang decak kagum asalkan sesuai dan tepat dalam menyematkan aksesoris tambahan. Step awal adalah mengganti kelir asli untuk dibalurkan grafis airbrush. Kelar sektor bodi, Dika membidik kaki-kaki dan penambahan aksesoris pemanis. Velg ukuran 17’ merk Akron kemudian dipilih untuk dibalut ban Comet dan Mizzle Power Grid ukuran sama dengan velg. Dengan bajet 7,5 juta rupiah, tampilan motor berubah total.
“Konsep motor saya lebih ke arah street racing Thailand. Yang utama adalah semburan airbrush dan penggantian velg dan ban berukuran 17’. Ini sudah cukup mewakili konsep awal dan memang terkesan simple. Sejauh ini saya merasa puas dengan warna dan power mesin yang membengkak jadi 150cc,” papar Dika. Ditambahkannya, motor hanya dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Untuk ikutan kontes, menurutnya motor masih belum terlalu sempurna. Selain itu, sedari awal memang dirinya tidak terlalu tertarik untuk ikutan kontes.

satria fu 2011 yamaha vixion 2011 satria fu modifikasi vixion 2011 harga satria fu 2011 yamaha byson mio drag modif satria fu harga yamaha vixion 2011 harga vixion yamaha r15 sarung anak java vixion terbaru megapro 2011 modifikasi honda beat velg tdr jupiter z modifikasi jupiter mx 2011 jamur tiram putih satria fu 150 yamaha byson modifikasi motor satria fu harga honda cbr

sum,ber:http://www.motodream.net/content/read/konsep-street-racing-kinclong-dan-full-airbrush/