Monday, December 12, 2011

CARA SETTING KARBURATOR MOTOR

CARA SETTING KARBURATOR MOTOR, Trik jetting karbu agar ukuran pilot jet dan main jet tepat

Bagi para pengguna motor pada umumnya.Beriku adalah bagaimana setting kalbulator motor anda pada umumnya motor 4tak.
Bagi yang mau ganti di bengkel cukup bilang ke mekanik, tunggu sebentar, test dan tinggal bayar... Tapi jika ingin menggati karbulator sendiri tentu butuh sedikit tenaga dan Pikiran juga tekat dan kemauan hehehehehe
Bagi yang sudah jago... Lewati saja postingan ini. Tapi bagi yang newbie atau sedang berusaha belajar ilmu bengkel dan ingin menambah wawasan bagaimana cara jetting / setting karburator, silahkan download disini dan baca-baca sendiri. Gampang kok.... dan Gratis...
 

MACAM KARBURATOR PE 28 UNTUK SATRIA FU buatan china thailand dan jepang

Untuk Satria FU, Karburator jenis PE 28 tentu akan bisa membuat  satria fu anda lebih responsif. karena dia meternya lebih besar 2mm, Karbulator PE 28 ini bukan menganut sistem vakum,  artinya naik turunnya jarum (jet needle)  langsung dari tarikkan gas bukan karena kevakuman. 

TAPI Hati hati dipasaran ada beberapa jenis karbulator PE 28.
Mulai dari buatan China , Thailand sampai yang buatan Japan.

Untuk yang buatan China,
untuk bodi karbulatornya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, finishing bodi kasar. Dan kelebihannya selain harga yang relatif lebih murah (dibandrol 300an ribu). barang ini lebih susah susah disetting. 
 
Untuk PE 28  yang buatan Thailand 
Cirinya Warna gelap, jarum tidak ada setelan ulirnya, finishing rapi, tertulis Made in T, biasa dijual tanpa kemasan. Harga dipasaran direntang 500 hingga 600 ribuan. Karbu Thailand ini mudah ditemui dipasaran dan paling disuka para pengoprek Satria FU.

Disamping PE 28 Thailand ada juga  PE 28 Ori Honda Thailand. Warna sama gelapnya, skep warna krom tapi dalemnya kuning emas dan berat. Jarum juga tidak ada ulir setelan,  Finishing lebih rapi, dijual dengan kemasan dus Honda lengkap dengan Code part
 
Beberapa sumber menyebutkan bahwa karbu ori Honda Thailand ini sebenarnya sama saja dengan yang Thailand Cuma beda dikemasan saja. Tapi sumber lain menyebutkan berbeda. harga PE 28 ori Honda Thiland ini direntang 850 – 900ribu.

PE 28 Made in Jepang  harga diatas 1 juta. 
Ada yang original Keihin, ada juga Keihin re-Setting oleh Sudco atau Daytona. Finishing jelas rapi, jarum skep ada ulir setelan, skep di chrom dan dasarnya kuning keemasan dan berat. choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), tulisan keihin Timbul dan tertulis "Made in Japan". Di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup besar konon katanya berguna saat setting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tsb dan PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut.